LKPD Pengukuran dengan Satuan Baku dan Tidak Baku
LKS PENYELIDIKAN IPA
A.
JUDUL :
PENGUKURAN
B.
TUJUAN :
✓Siswa Terampil Melakukan Pengukuran Dengan Satuan Yang Tepat
C.
ALAT DAN BAHAN :
✓ MISTAR ATAU METERAN : 1 BUAH
✓ MEJA : 1
BUAH
D.
LANGKAH-LANGKAH KEGITAN
1.
Ukurlah panjang, lebar dan tinggi satu meja di kelas mu dengan
mistar/meteran
2.
Ukurlah panjang, lebar dan tinggi satu meja dir mu dengan
jengkal
3.
Mintalah 2 anggota kelompok untuk
mengukur panjang, lebar dan tinggi meja dirumah mu dengan mistar/meteran dan dengan
jengkalnya
4.
Catat seluruh hasil pengamatatan data pengamatan
E.
DATA PENGAMATAN
Data pengamatan pengukuran penjang dan
lebar meja
1. Pengamat
pertama : (tuliskan namamu disini)
No
|
Yang diukur
|
Mistar/meteran
|
jengkal
|
1.
|
Panjang meja
|
|
|
2. 3.
|
Lebar meja Tinggi meja
|
|
|
2. Pengamat
kedua dan ketiga : (tuliskan nama teman satu kelompok mu yang melakukan pengukuran)
No
|
Yang diukur
|
Mistar/meteran
|
jengkal
|
1.
|
Panjang meja
|
|
|
2. 3.
|
Lebar meja Tinggi meja
|
|
|
F.
TUGAS DAN PERTANYAAN
1. Bandingkan
hasil pengukuran yang kamu lakukan (pengamat pertama) dengan hasil pengukuran
yang dilakukan pengamat kedua dan ketiga, apakah terdapat perbedaan panjang, lebar dan tinggi meja
saat diukur dengan mistar/meteran? Jika terdapat pebedaan/tidak terdapat
perbedaan jelaskan mengapa !
2. Bandingkan
hasil pengukuran yang kamu lakukan (pengamat pertama) dengan dengan hasil
pengukuran yang dilakukan pengamat kedua dan ketiga, apakah terdapat perbedaan panjang dan
lebar meja saat diukur dengan jengkal? Jika terdapat pebedaan/tidak terdapat
perbedaan jelaskan mengapa !
G.
KESIMPULAN
Kesimpulan apa yang kamu peroleh dari
kegiatan ini ?
Sampai jam berapa siap nya sir
BalasHapus